LAPORAN PELAKSANAAN
KULIAH KERJA NYATA (KKN 35) KELOMPOK 17
DESA MULYOREJO, KECAMATAN NGANTANG
KABUPATEN MALANG, JAWA TIMUR


images

DOSEN PEMBIMBING LAPANGAN :

WAHIDYANTI RAHAYU H, S.Kep., NS., M.Kop

ADOLFUS HIRONIMUS GANI
2016310008
MELKIANUS DENDO
2016410094
ANTONIUS KASA RAJA
2016320003
MARTINA MAU
2015210049
AHMAD PUNGKI ARIWIBOWO
2016410013
MIKHAEL WURI
2016330116
AGUSTIANI LESTIANA  LIMUR
2016310012
NOVAN NOVIANTO MARKUS
2016210132
ANDERIAS KEDU DIMU
2015520105
NURHAINI JAYA
2016210136
AGONSALES DWI PUTRA
2016610034
PETRUS JON YANSEN MERA
2016520104
ERLIS WADDA RIDJA
2016610030
SUMITA PUTRI WEBO
2016410122
GREGORIUS ROGHO
2016610034
STEPANUS SANGU ATE
2106610087
KATRINA YOSEFINA BILI
2016210090
TEKI KAROBA
2016210169
MAIMUNA KUNYO
2016610044
YOSEP RAKA
2016230085


LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYRAKAT
UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI
MALANG
2020


FOTO
Dosen Pembimbing Lapangan
Nama   : Wahidyanti Rahayu H, S.Kep., Ns., M.Kep
NIDN   : 0728048902

Mahasiswa Peserta KKN
Nama : Novan N Markus
NIM   : 2016210132
P.S     : Administrasi Publik
Nama : Stepanus S. Ate
NIM   : 2106610087
P. S    : Ilmu Keperawatan
Nama : Maimuna Kunyo
NIM   : 2016610044
P. S    : Ilmu Keperawatan
Nama : Agonsales D. Putra
NIM   : 2016610034
P. S    : Agribisnis
Nama : Mikhael Wuri
NIM   : 2016330116
P. S    : Agroteknologi
Nama : Martina Mau
NIM   : 2015210049
P. S    : Administrasi Publik
Nama : Agustiani L. Limur
NIM   : 2016310012
P. S    : Agribisnis
Nama : Adolfus H. Gani
NIM   : 2016310008
P. S    : Agribisnis
Nama : Katrina Yosefina Bili
NIM   : 2016210090
P. S    : Administrasi Publik
Nama : Petrus Jon Y. Mera
NIM   : 2016520104
P. S    : Teknik Sipil
Nama : Ahmad P. Ariwibowo
NIM   : 2016410013
P. S    : Peternakan
Nama : Nurhaini Jaya
NIM   : 2016210136
P. S    : Administrasi Publik
Nama : Yosep Raka
NIM   : 2016230085
P. S    : Ilmu Komunikasi
Nama : Erlis Wadda Ridja
NIM   : 2016610030
P. S    : Ilmu Keperawatan
Nama : Sumita Putri Webo
NIM   : 2016410122
P. S    : Peternakan
Nama : Gregorius Rogho
NIM   : 2016610034
P. S    : Ilmu Keperawatan
Nama : Teki Karoba
NIM   : 2016210169
P. S    : Administrasi Publik
Nama : Antonius Kasa Raja
NIM   : 2016320003
P. S    : Arsitek Leskep
Nama : Melkianus Dendo
NIM   : 2016410094
P. S    : Peternakan
Nama : Anderias K. Dimu
NIM   : 2015520105
P. S    : Teknik Sipil




KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadiran  Allah SWT, karena atas rahmat dan karunianya-Nya sehingga kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini, hingga penyusunan laporan kegiatan Kuliah Kerja Nyata dapat diselesaikan dengan baik dan tepat pada waktu yang telah ditentukan.
Dalam kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah banyak membantu dalam pelaksanaan dan penyusunan laporan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) diantaranya :
1.          Prof. Dr. Ir. Eko Handayanto, M.Sc selaku Rektor Universitas Tribhuwana Tunggadewi, malang.
2.          Wahidyanti Rahayu H, S.Kep., Ns., M.Kep selaku Dosen Pembimbing Lapangan yang telah bersedia mendapingi kami dalam menjalankan program KKN.
2.        Bapak Djait Mulyono, S.Pd, selaku kepala desa Mulyorejo beserta staf yang telah mendukung semua program yang dijalankan.
3.        Masyarakat desa Mulyorejo yang juga ikut  berpartisipasi dalam pelaksanaan KKN.
4.        Serta pihak-pihak lain yang telah membantu dari pelaksanaan KKN hingga tersusunnya laporan ini.
Laporan Kuliah Kerja Nyata ini, kami susun berdasarkan apa yang telah kami jalankan selama melaksanakan KKN di desa Mulyorejo, kecamatan Ngantang yang dilaksanakan selama 28 hari yaitu, mulai tanggal 23 Januari hingga 21 Februari 2020.
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan sebuah implementasi dari   Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu darma pendidikan dan pengajaran yang telah dilaksanakan pada kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL), darma penelitian yang masih dalam proses dan darma pengabdian masyarakat yang dilaksanakan dalam KKN. Hal tersebut merupakan salah satu syarat yang harus ditempuh mahasiswa dalam menempuh program pendidikan S1, yang telah ditetapkan oleh pihak akademik. Dengan demikian mahasiswa wajib melaksanakan Kuliah Kerja Nyat dan menyusun laporan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan. Kegiatan yang telah diprogramkan dapat dilaksanakan dengan baik atas kerja sama dari berbagai pihak, terutama aparat desa dan masyarakat desa Mulyorejo.
Dalam penyusunan laporan ini, kami menyadari masih banyak kekurangan baik dari segi susunan serta cara penulisan laporan ini, karenanya saran dan kritik yang sifatnya membangun demi kesempurnaan laporan ini sangat kami harapkan.
Akhirnya, semoga laporan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca pada umumnya dan juga bermanfaat bagi penyusun pada khususnya.

Malang, 24 Februari 2020

Penyusun…



DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR……………………………………………………………i
DAFTAR ISI……………………………………………………………………...ii

BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………...1
1.1  Latar Belakang………………………………………………………..1
1.2  Tujuan………………………………………………………………...2
1.3  Sasaran Manfaat………………………………………………………2

BAB II GAMBARAN UMUM LOKASI  KKN…………………………………4
2.1  Gambaran Umum……………………………………………………..4
2.2  Keadaan Alam………………………………………………………...4
2.3  Keadaan Sosial Budaya…………………………………………….....5
2.4  Potensi Desa/Dusun…………………………………………………..5

BAB III PEMBHASAN PROGRAM KERJA……………………………………6
            3.1 Rencana Program Kerja KKN………………………………………...6
            3.2 Pelaksanaan Program Kerja KKN…………………………………….6
            3.3 Kendala Yang Dihadapi………………………………………………7

BAB IV KEUANGAN……………………………………………………………8
            4.1 Pemasuaka…………………………………………………………….8
            4.2 Pengeluaran…………………………………………………………...8

BAB V KESIMPULAN…………………………………………………………10
            5.1 Kesimpulan………………………………………………………….10
            5.2 Saran…………………………………………………………………11

LAMPIRAN-LAMPIRAN………………………………………………………14





BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Kuliah Kerja Nyata merupakan proses pembelajaran bagi mahasiswa S1, yang dikembangkan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam berbagai segi kehidupan bermasyarakat. Pelaksanaan KKN ditujukan untuk menumbuh kembangkan empati dan kepedulian civitas akademika terhadap (1) berbagai permasalahan yang riil dihadapi masyarakat dan (2) pembangunan berkelanjutan yang diperlukan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang sesuai dengan UUD 1945. Selain itu, kegiatan KKN diharapkan melahirkan pribadi yang tangguh, unggul, berkepribadian mulia, serta dapat menjadi pribadi yang luar biasa ketika sudah terjun dimasyarakat, berjiwa kepemimpinan,.
Untuk itu, kampus telah mengembangkan kegiatan KKN, KKN tidak hanya berisi kegiatan kerja civitas akademika kampus untuk masyarakat tetapi berisi rangkaian kegiatan integratif interdisipliner yang dikemas secara strategis untuk menyelesaian permasalahan secara tuntas dan dilaksanakan bersama masyarkat dengan memerankan masyarakat sebagai pelaku penting dan utama serta melibatkan para pemangku kepentingan lain yang terkait. Dalam hal ini, mahasiswa diperankan sebagai problem solver, motivator, fasilitator, dan dinamisator dalam proses penyelesaian masalah dan pembangunan/pengembangan masyarakat.
Melalui pembaruan konsep tersebut, kehadiran mahasiswa sebagai intelektual muda diharapkan mampu mengembangkan diri sebagai agen atau pemimpin perubahan yang secara cerdas dan tepat menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakatnya. Pada dasarnya Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk pengabdian nyata mahasiswa kepada masyarakat. Setelah mendapatkan materi perkuliahan yang senantiasanya dapat berguna didalam lingkungan masyarakat itu sendiri. Dalam kegiatan pengabdiannya pada masyarakat, mahasiswa memberikan pengalaman ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan agama untuk memberikan pengarahan agar dapat memecahkan masalah dan menanggulanginya secara tepat.
Selain itu, pembenahan sarana dan prasarana merupakan kegiatan yang dilakukan serta menjadi program kerja bagi mahasiswa. Dengan kata lain, melalui KKN ini, mahasiswa membantu pembangunan dalam masyarakat/ pemberdayaan masyarakat.




1.2  Tujuan

Fungsi Kuliah Kerja Nyata yang ingin dilaksanakan adalah :

a.       Sebagai Motivator, Mahasiswa diharapkan mampu sebagai penggerak untuk dapat mengubah masyarakat yang statis menjadi dinamis.
b.      Sebagai fasilitator, Mahasiswa diharapkan mampu sebagai perantara dalam memberikan sumber pengetahuan yang diperlukan masyarakat.
c.       Sebagai inovator Mahasiswa diharapkan mampu sebagai pelopor pembangunan yang diperlukan masyarakat.
d.      Sebagai coordinator, Mahasiswa diharapkan mampu untuk mengkoordinasi semua kegiatan sehingga terjalin hubungan yang erat antara mahasiswa dengan masyarakat.

1.3  Sasaran Manfaat

KKN mempunyai tiga sasaran, yaitu mahasiswa, masyarakat bersama pemerintah daerah dan perguruan tinggi. Masing-masing kelompok sasaran memperoleh pemanfaatan dengan adanya KKN, yaitu sebagai berikut :
Mahasiswa
a. Memperdalam pengertian terhadap cara berfikir dan bekerja secara interdisipliner, sehingga dapat menghayati adanya ketergantungan kaitan dan kerjasama antar sektoral.
b. Mendewasakan alam pikiran mahasiswa dalam setiap penelaahan dan pemecahan masalah yang ada di masyarakat secara pragmatis ilmiah.
c. Memberikan keterampilan untuk melaksanakan pembangunan berdasarkan ilmu, teknologi dan seni secara interdisipliner dan antar sektoral.
d. Melatih mahasiswa untuk mengaktualisasikan peran atau membina mahasiswa untuk menjadi seorang inovator, motivator dan dinamisator dan problem solver.
e. Memberikan pengalaman belajar dan bekerja kepada para mahasiswa dalam melakukan penelaahan, merumuskan atau memecahkan masalah secara langsung sehingga tumbuh sifat profesionalisme dan kepedulian sosial dalam arti peningkatan keahlian, tanggung jawab dan rasa kesejawatan.
Masyarakat dan Pemerintah Desa
a. Memperoleh bantuan tenaga dan pikiran untuk merencanakan serta melaksanakan pembangunan di masyarakat atau untuk melaksanakan proyek pembangunan yang berada di bawah tanggung jawab pemerintah. b. Memperoleh cara-cara (baru) di bidang ilmu, teknologi dan seni yang dibutuhkan untuk merencanakan dan melaksanakan pembangunan.
c. Memperoleh pengalaman, cara berpikir, bersikap dan bertindak untuk menggali dan menumbuhkan potensi swadaya masyarakat sehingga mampu berpartisipasi aktif dalam pembangunan.
d. Memperoleh pembaharuan - pembaharuan yang sangat beguna bagi kehidupan masyarakat.
e. Terbentuknya kader - kader penerus pembangunan dalam masyarakat sehingga kelangsungan upaya pembangunan terjamin.
Perguruan Tinggi
a. Memperoleh umpan balik sebagai hasil pengintegrasian mahasiswa dengan proses pembangunan di masyarakat dalam bentuk input untuk penyesuaian kurikulum, materi perkuliahan dan perkembangan ilmu dan tuntutan nyata pembangunan sehingga Perguruan Tinggi lebih mantap dalam pengisian ilmu pendidikan pada mahasiswanya.
b. Memperoleh berbagai kasus yang berharga yang dapat digunakan oleh tenaga pengajar sebagai contoh dalam memberikan materi perkuliahan atau proses pendidikan lainnya dan menemukan berbagai masalah untuk pengembangan penelitian.
c. Mempercepat, meningkatkan, memperluas atau mempererat kerjasama antar Perguruan Tinggi sebagai pusat ilmu, teknologi dan seni dengan instansi-instansi, dinas-dinas maupun departemen-departemen dalam melaksanakan pembangunan (dalam hal ini mahasiswa KKN dapat sebagai perintis kerjasama yang perlu ditindak lanjuti oleh Pergurun Tinggi atau sebagai penerus kerjasama yang sudah dirintis dan dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi).




BAB II

GAMBARAN UMUM LOKASI  KKN

2.1  Gambaran Umum

Mulyorejo, adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan NgantangKabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur yang terdiri dari 5 dusun, Yaitu dusun Maron, Suko Anyar, Kambal, Sidorejo Kaweden. Dusun Maron (Krajan atau dusun yang menjadi Ibu kota desa) dulunya diawali atau dalam bahasa Jawa dibabat alas oleh Ki Ageng Singo Djoyo (seorang pembesar Mataram yang mengungsi/menyepi).
Dusun ini terdapat sebuah situs sejarah yang penjelasan ilmiahnya masih samar-samar yaitu sebuah batu datar dengan sisi bagian atas terdapat bekas cakaran kuku macan dengan ukuran agak besar. Di salah satu RT yang merupakan bagian dari Dusun Suko Anyar terdapat pedukuhan bernama Kuwung, di tempat inilah kepala desa Mulyorejo saat ini tinggal. Pedukuhan Kuwung ini hanya ditempati oleh kurang lebih 25 kepala keluarga. Dari masa ke masa jumlah ini konstan, kalaupun ada warga baru yg masuk maka ada pula warga lama yang pindah.
Dipedukuhan Kuwung ini terdapat SMA Negeri I Ngantang. sebuah sekolah menengah atas satu-satunya di kota Ngantang. Sekolah ini berdiri sejak tahun 1995, meskipun begitu prestasi anak didiknya sangatlah membanggakan. Hal ini terbukti dari alumni-nya setiap tahun selalu menempati sekolah-sekolah favorit, misalnya masuk STAN, AKMIL, STPDN ataupun sekolah favorit lainnya. Sekolah ini berada di bawah badan jalan, sehingga apabila kita melewati jalan raya Malang-kediri/Jombang akan terlihat sekolah ini berada di bawah kita. Sebelum tempat ini dibangun menjadi sebuah sekolah, dulunya hanya kebun kampung yang tidak terawat.
Dikebun ini setiap tahun terjadi kecelakaan karena mobil yang masuk/tercebur ke dalam kedalaman kebun. Konon kabarnya karena di kebun tersebut (sebelah bangunan sekolah) terdapat makam seorang gembong PKI yang dikubur hidup-hidup (Suryat). Alhamdulillah setelah adanya sekolah ini, hal tersebut sudah tidak pernah terjadi lagi.

2.2  Keadaan Alam
Desa Mulyorejo adalah salah satu dari 13 desa wisata di Kabupaten Malang. Desa ini memiliki view alam yang sangat indah. Selain itu, salah satu Kawasan wisata yang sudah terkenal sebelumnya yaitu Bendungan Selorejo juga melewati desa ini. Oleh karena itu, Desa Mulyorejo perlu dikembangkan secara optimal sebagai desa wisata yang bisa meningkatkan taraf hidup masyarakatnya. Secara demografis, Desa Mulyorejo memiliki 4.634 penduduk yang tersebar di lima dusun dengan mata pencaharian mayoritas penduduk (26,99% (1.251 orang)) adalah buruh tani. Sedangkan dilihat dari Sumber Daya Manusia (SDM), 21,28% (986 orang) penduduk adalah lulusan Sekolah Dasar atau sederajat.
Lokasi Desa Mulyorejo terletak di wilayah Kecamatan Ngantang yang berudara sejuk dan terletak pada jalur utama yang menghubungkan antara Malang dengan kota-kota lain seperti Kediri, Jombang, dan sebagainya. Desa Mulyorejo juga merupakan tempat transit baik turis lokal maupun turis asing yang akan menuju Jogja dan sebagainya. Desa ini juga dalam konsisi aman dan dekat dengan objek wisata air yang sudah terkenal yaitu bendungan Selorejo.

2.3  Keadaan Sosial Budaya
Kondisi sosial masyarakat di desa Mulyorejo masyrakat yang ramah dan mudah menerima masukan yangbersifat membangun. Serta hubungan anar invidu dengan atau pun dengan kelompok sangat harmonis.
Sedang kondisi budaya di desa Mulyoreja masih kental dengan budaya jawa, seperti hal Kuda Lumping.

2.4  Potensi Desa/Dusun
Selain menjalan program KKN kami juga menggali apa saja yang ada di Desa Mulyorejo yang memiliki potensi untuk dijadikan destinasi wisata yang menarik. Dalam hal ini, anggota karang taruna memilih tiga tempat yang menurut mereka potensial, yaitu budidaya anggrek di Dusun Kaweden, budidaya jamur tiram yang ada di Dusun Kambal, serta lokasi akan dibangunnya Jembatan Naga, jembatan bambu yang menghubungkan Desa Mulyorejo dengan Waduk Selorejo yang diharapkan akan menjadi ikon desa nantinya. Selain itu, desa sendiri berperan dalam menyimpan kekayaan alam (SDA) yang melimpah seperti beras, sayur-mayur, daiging dan ikan.




BAB III

PEMBHASAN PROGRAM KERJA


3.1  Rencana Program Kerja KKN

Program Unggulan
Ø Pembuatan Pupuk Organik
Ø Mengatasi Penyakit/wereng Dengan Menanam Bunga Refosia
Ø Sketsa Taman

Program Pendukung
Ø  Pembuatan Plang Papan Nama jalan,
Ø  Pewarnaan pembatas RT/RW,
Ø  Penyuluhan Kesehatan,
Ø  Bantuan mengajar di TK/Paud, SD,
Ø  Membantu Pelayanan Administrasi di Kantor Desa, serta
Ø  Bakti Sosial.

3.2  Pelaksanaan Program Kerja KKN

Program Unggulan
Ø Pembuatan Pupuk Organik, dilaksanakan pada tanggal, 03 Februari 2020.
Ø Mengatasi Penyakit/wereng Dengan Menanam Bunga Refugia, dilaksanakan pada tanggal, 11 Februari 2020
Ø Sketsa Taman, dilakasanakan pada tanggal, 01 Februari 2020. Bekerjasama dengan kelompok 16. Dikarenakan kelompok 16 juga mempunyai proker yang sama.

Program Pendukung
Ø  Pembuatan Plank Papan Nama jalan, dilaksanakan pada tanggal, 27 Januari 2020.
Ø  Pewarnaan pembatas RT/RW, dilaksanakan pada tanggal, 04 Februari 2020.
Ø  Penyuluhan Kesehatan, dilakasanakan pada tanggal, 29, 30 dan 31Januari 2020.
Ø  Bantuan mengajar di TK/Paud, SD, dilaksanakan pada tangga, 29, 30 dan 31 Januari 2020.
Ø  Membantu Pelayanan Administrasi di Kantor Desa, dilaksanakan pada tanggal, 30 dan 31 Januari.
Ø  Bakti Sosial, dilaksanakan pada tanggal, 29 Januari dan 14-17 Februari 2020.
3.3  Kendala Yang Dihadapi
Kendala kami hadapi selama menjalankan KKN adalah kurangnnya koordinasi yang baik dari Desa kepada masyrakat serta pembagian wilaya kerja yang kurang efektik. Sehingga membingung kami dalam menjalankan proker.
Selanjutnya berkaitan dengan dana yang tidak mempuni untuk melaksanakan banyak proker.






BAB IV
KEUANGAN

4.1 Pemasuakan

            Jumlah dana yang kelompok terima dari kampus, Rp. 600.000.00, sedang dana yang kami kumpulkan perindividu/anggota kelompok, Rp.500.000,00. Jumlah seluruh anggota kelompok 17 ada 20. Jadi total dana yang dikumpulkan dari kelompok Rp. 10.000.000,00. Sehingga total dana kelompok kami Rp. 10.600.000,00.

4.2 Pengeluaran
           
            Sesuaikesepakatan kelompok, kami hanya akan membuat LPJ dana ya g diberikan Kampus . Sedang dana yang dikumpulkan perindividu tidak di LPJ. Oleh karena itu, didalam laporan ini yang dapat kami cantumkan dana dari Kampus.

Laporan Pertanggung Jawaban Keuangan Dana Program Kerja Kkn (Kuliah Kerja Nyata) Kelompok 17 :
No
Uraian
Satuan
Harga
Jumlah
1
Cat Emcho 1 kg
1
Rp 67.500
Rp 67.500
2
cat Emcho Hitam 1/2 kg
2
Rp 35.000
Rp 70.000
3
Thiner 1 liter
2
Rp 25.000
Rp 50.000
4
Cat Altex
1
Rp 38.000
Rp 38.000
5
Thiner Botol
1
Rp 8.000
Rp 8.000
6
Kuas Cat
5
Rp 5.000
Rp 25.000
7
Gunting Kodak
1
Rp 20.000
Rp 20.000
8
Seng Roll 2 m
2
Rp 17.000
Rp 34.000
9
Paku 5 cm dan 3 cm
1/2 kg
Rp 9.000
Rp 9.000
10
Pilox warna Putih
3
Rp 25.000
Rp 75.000
11
 Super Spray 300 cc
1
Rp 22.000
Rp 22.000
12
kayu plenger 3/5 x 400
3
Rp 20.000
Rp 60.000
13
kuas Lukis
5
Rp 4.000
Rp 20.000
14
Cat Emcho ungu
1
Rp 40.000
Rp 40.000
15
Gula 1 kg
1
Rp 13.500
Rp 13.500
16
Em 4
1
Rp 22.500
Rp 22.500
17
Uv
1
Rp 35.000
Rp 35.000
18
Kertas A2
2
Rp 2.000
Rp 4.000
19
 pensil warna Joyco
1
Rp 14.000
Rp 14.000
20
Pensil 2B
1
Rp 5.000
Rp 5.000
21
Penghapus/stip
1
Rp 2.500
Rp 2.500
22
orotan pensil
1
Rp 1.000
Rp 1.000
23
Bensin
2,61 liter
Rp 20.000
Rp 20.000
24
Bensin
3,26 liter
Rp 25.000
Rp 25.000
TOTAL
Rp 681.000




BAB V

KESIMPULAN

5.1 Kesimpulan
Laporan ini disusun sebagai bentuk pertanggung jawaban kegiatan Kuliah Kerja Nyata kepada Universitas, yang bertempat di desa Mulyorejo, kecamatan Nagantang yang berlangsung dari tanggal 23 Januari sampai dengan 21 Februari 2020. Setelah kurang lebih satu bulan program Kuliah Kerja Nyata (KKN), kami dapat menyimpulkan bahwa pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang telah terprogramkan bisa berjalan sesuai dengan program yang telah direncanakan meskipun terdapat perubahan dan penambahan kegiatan. Berdasarkan pengalaman dan kondisi lapangan yang kami peroleh selama kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), dapat kami simpulkan sebagai berikut:

1. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang telah terencana dapat berjalan dengan baik meskipun ada kegiatan yang tidak terlaksana sesuai dengan waktu telah direncanakan tetapi berubah jadwal karena faktor cuaca dan faktor kegiatan yang tidak terencana dari sasaran
2. Tidak hanya itu kendala lain muncul karena kekurangan dana untuk menyelenggarakan kegiatan yang telah direncanakan.
3. Membentuk mahasiswa menjadi lebih dewasa dalam menyikapi permasalahan yang ada dan dapat memahami bagaimana hidup bermasyarakat. Selain itu dapat membentuk kepribadian yang mandiri dan bertanggung jawab terhadap tugas dan fungsinya serta membentuk jiwa kepemimpinan.
4. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dapat meningkatkan ilmu dan pengetahuan masyarakat serta dapat menggugah.
5. Mahasiswa mendapatkan pengalaman dan ilmu kemasyarakatan yang tidak didapatkan di bangku kuliah dan masyarakat dapat menyerap ilmu yang

dimiliki mahasiswa dalam meningkatkan wawasan mereka untuk kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:
a. Pengalaman membuat kegiatan atau acara-acara yang tentunya diharapkan dapat bermanfaat bagi kami ke depan.
b. Memupuk rasa percaya diri dalam mengahadapi warga masyarakat.

6. Warga masyarakat desa Mulyorejo mulai dari Bapak-bapak, Ibu-ibu, remaja, dan anak-anak juga sangat antusias dalam mengikuti program-program kegiatan KKN seperti Bidang keilmuan dan program pendukung.
7. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan usaha pengabdian pada masyarakat yang mengandung tujuan sebagai berikut.


a. Sosialisasi Mahasiswa, Mahasiswa merupakan bagian dari masyarakat yang kurang aktif dalam kegiatan bermasyarakat karena mahasiswa banyak disibukkan dengan kegiatan-kegiatan akademiknya. Dengan adanya kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa dapat berperan aktif dalam kehidupan masyarakat seperti beradaptasi dengan kehidupan masyarakat, belajar bagaimana bersosialisasi kepada masyarakat, memahami kultur dan karakter serta adat istiadat. Kemudian berupaya membantu mengatasi permasalahan yang timbul di tengah masyarakat dan turut serta berperan aktif membangun masyarakat.

b. Aplikasi Kemampuan, Setelah menempuh kegiatan akademik selama beberapa tahun, banyak mahasiswa yang belum mengerti bagaimana mengaplikasikan ilmunya di kehidupan masyarakat. Dengan adanya kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa dapat mengetahui bagaimana mengaplikasikan ilmu yang didapat di bangku kuliah. Tidak hanya itu mahasiswa juga dapat mengetahui bagaimana sistem kehidupan masyarakat yang meliputi kultur, karakter, adat istiadat dan kebiasaan masyarakat, permasalahan yang ada di masyarakat, dan tuntutan atau kebutuhan masyarakat dalam rangka upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

5.2 Saran

Dengan tujuan untuk memberikan masukan serta partisipasi demi kemajuan dalam meningkatkan taraf dan mutu organisasi, kami mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Tribhuwana Tunggadewei memberikan beberapa saran kepada berbagai pihak yang terkait dalam pelaksanaan KKN ini yang diharapkan dapat berguna untuk peningkatan mutu dan kualitas semua pihak, antara lain sebagai berikut:

1. Masyarakat dan Pemerintah Setempat
a. Kepada warga masyarakat desa Mulyorejo dapat memelihara dan menjaga tali silaturahmi, rasa persaudaraan, kerjasama dan semangat gotong-royong .
b. Diharapkan masyarakat dapat melanjutkan program-program yang telah dirintis oleh mahasiswa KKN serta dapat menerapkan konsep pelaksanaan kegiatan sebagaimana yang telah dilakukan oleh mahasiswa KKN.
c. Dukungan warga masyarakat terutama remaja sangat kami harapkan untuk melaksanakan kegiatan demi kemajuan bersama. Agar masyarakat menyadari bahwa kehadiran mahasiswa KKN di lokasi KKN bukan merupakan sumber dana, melainkan merupakan kelompok kecil yang dapat memberikan sumbangan pemikiran dan tenaga yang terbatas.





2. Perangkat Desa

a. Perangkat desa diharapkan lebih dapat menjaga fasilitas-fasilitas yang sudah ada dan yang baru kami sediakan.
b. Masyarakat diharapkan dapat mempertahankan dan mengembangkan kegiatan rutinitas keagamaan yang sudah ada dan dapat saling menjaga kerukunan antar masyarakat khususnya antar masyarakat Mulyorejo.

4. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode berikutnya
a. Mahasiswa hendaknya mampu menyiapkan diri baik dari segi mental/spritual, fisik, serta kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik untuk dapat bersosialisasi dan menyesuaikan diri dalam hidup bermasyarakat.
b. Mahasiswa hendaknya menanamkan sikap tanggung jawab, mandiri, rendah hati, sikap saling menghargai dan menghormati, sikap kekeluargaan dan kebersamaan, dan selalu bekerjasama dalam kelompok (team work).
c. Mahasiswa merupakan kelompok masyarakat yang berpendidikan, maka hendaknya para mahasiswa menyadari bahwa segala tindakan, perilaku, dan penampilan akan selalu dipantau dan dijadikan contoh oleh masyarakat, maka hendaknya mahasiswa dapat menjaga perilakunya agar sebagai orang yang berpendidikan dapat memberikan contoh suri tauladan yang baik bagi masyarakat.
d. Menjaga nama baik almamater yaitu nama Universitas Tribhuwana Tunggadewi, malang.

e. Membuat program-program KKN yang sesuai dengan kemampuan mahasiswa baik dari segi akademik maupun biaya serta sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat yang ada dilokasi KKN.
f. Menanamkan sifat saling pengertian, saling membantu, saling mendukung, saling menjaga kekompakan, saling menghargai dan menghormati antar sesama anggota KKN,karena hal tersebut merupakan kunci sukses pelaksanaan program kerja KKN.
g. Perlunya menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat secara menyeluruh.
h. Bedakan pergaulan antaramahasiswa KKN dengan pemuda/pemudi, mahasiswa KKN dengan masyarakat yang berusia lebih tua, dan mahasiswa KKN dengan anak-anak.
i. Diharapkan dapat mengatur strategi bagaimana cara mensosialisasikan program kerja yang akan dijalankan kepada masyarakat yaitu dengan memanfaatkan dan mengatur waktu sebaik mungkin. Dengan sosialisasi yang efektif dan efisien akan menunjang keberhasilan program yang akan dilaksanakan.

5. Pihak Universitas
a. Dalam pelaksanaan pembekalan KKN, diharapkan pihak LPPM dapat menambahkan lebih banyak pelatihan-pelatihan yang bersifat pemberdayaan bagi masyarakat, kepada mahasiswa.




LAMPIRAN-LAMPIRAN

Video Hasil Kegiatan KKN 35 Kelompok 17



Komentar

  1. Terimaksih untuk semua pihak yang telah bekersama menyukseskan Program KKN ini, kepada seluruh masyarakat Mulyorejo serta Perangkat Desa yang kami hormati...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Kultivasi Dalam Komunikasi Politik

makalah konsep negara purbah hingga negara moderend